Senin, 17 Juni 2013

Defenisi dan Jenis Aset

Aset adalah harta yang diperoleh dari transaksi masa lalu, dimiliki, dikuasai, dikendalikan, dan dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk kegiatan bisnis-ekonomi.

Aset dalam Neraca berada di posisi sebelah kiri, dalam kolom aktiva. Aktiva (bahasa Jerman) sendiri tidak sama artinya dengan aset. Aktiva atau aktif hanyalah antonim dari pasiva, pasif.

Aktiva (aktif) adalah representasi dari manajemen, pihak yang secara aktif dapat memanfaatkan aset. Pasiva (pasif) adalah representasi dari investor dan kreditor, dua pihak pasif yang menjadi sumber aset.

*****

Aset ada dua: pertama, aset lancar. Kata lancar mengacu pada tingkat likuiditas (kecepatan cair) aset. Makanya, dalam Neraca, kas dan bank menempati urutan satu dan dua karena tingkat likuiditasnya yang tinggi. Selanjutnya ada piutang usaha, persediaan, dan perlengkapan kantor. 

Kedua, aset tetap. Kata tetap mengacu pada tingkat kekekalan (ketahanan) aset. Makanya, dalam neraca, tanah dan gedung menepati urutan satu dan dua karena tingkat ketahanannya yang lama. Selanjutnya ada peralatan & mesin dan inventaris kantor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar